Sabtu, 02 Oktober 2010

Bisnis Industri Kreatif

Bisnis Industri Kreatif memang sudah lama di kenal masyarakat kita , namun ada pula masyarakat yang masih belum mengerti apa itu industri kreatif



~> Industri Kretif adalah industri yang unsur utamanya adalah kreavitas, talenta, maupun keahlian yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan melalui penawaran kreasi intelektual

Industri Kreatif di Indonesia
•Depdag mencatat 14 cakupan bidang ekonomi kreatif: (1) Jasa periklanan; (2) Arsitektur; (3) Senirupa; (4) Kerajinan; (5) Desain; (6) Mode (fashion); (7) Film; (8) Musik; (9) Seni pertunjukan; (10) Penerbitan; (11) Riset dan pengembangan; (12) Software; (13) TV dan Radio; (14) Video game
•Industri Kreatif merupakan pilar utama dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif yang memberikan dampak yang positif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kelompok Industri Kreatif

1.Periklanan: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi dan produksi iklan, antara lain: riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak dan elektronik.
2.Arsitektur:kegiatan kreatif yang berkaitan dengan cetak biru bangunan dan informasi produksi antara lain: arsitektur taman, perencanaan kota, perencanaan biaya konstruksi, konservasi bangunan warisan, dokumentasi lelang, dll
3.Pasar seni dan barang antik:kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi dan perdagangan, pekerjaan, produk antik dan hiasan melalui lelang, galeri, toko, pasar swalayan, dan internet.
4.Kerajinan:kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi dan distribusi produk kerajinan antara lain barang kerajinan yang terbuat dari: batu berharga, aksesoris, pandai emas, perak, kayu, kaca, porselin, kain, marmer, kapur, dan besi.
5.Desain:kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain grafis, interior, produk, industri, pengemasan, dan konsultasi identitas perusahaan.
6.Desain Fashion:kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan desain aksesoris mode lainnya, produksi pakaian mode dan aksesorisnya, konsultansi lini produk fashion, serta distribusi produk fashion
7.Video, Film dan Fotografi:kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi produksi Video, film, dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video,film. Termasuk didalamnya penulisan skrip, dubbingfilm, sinematografi, sinetron, dan eksibisi film.
8.Permainan interaktif: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dandistribusipermainankomputerdanvideo yang bersifathiburan, ketangkasan, danedukasi.
9.Musik: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi, distribusi, dan ritel rekaman suara, hak cipta rekaman, promosi musik, penulis lirik, pencipta lagu atau musik, pertunjukan musik, penyanyi, dan komposisi musik.
10.Seni Pertunjukan: kegiatankreatifyang berkaitandenganusahayang berkaitandenganpengembangankonten, produksipertunjukan, pertunjukanbalet, tariantradisional, tariankontemporer, drama, musiktradisional, musikteater, opera, termasukturmusiketnik, desaindanpembuatanbusanapertunjukan, tatapanggung, dantatapencahayaan
11.Penerbitan & Percetakan : kegiatankreatifyang terkaitdengandenganpenulisankontendanpenerbitanbuku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dankontendigital serta kegiatan kantor berita.
12.Layanan Komputer & piranti lunak: kegiatankreatifyang terkaitdenganpengembanganteknologiinformasitermasukjasalayanankomputer, pengembanganpirantilunak, integrasisistem, desaindananalisissistem, desainarsitekturpirantilunak, desainprasaranapirantilunak& pirantikeras, sertadesainportal.
13.Televisi & radio: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha kreasi, produksi dan pengemasan, penyiaran, dan transmisi televisi dan radio.
14.Riset & Pengembangan: kegiatan kreatif yang terkati dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi dan penerapan ilmu dan pengetahuan tersebut untuk perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar

Tetapi Industri Kreatif mempunyai siklus hidup yang singkat , Resiko yang tinggi , Margin yang tinggi , Tingkat Persaingan yang sangat tinggi dan sangat mudah ditiru


Sumber : Google dan Togar M Simatupang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar